Mengunjungi Menara Eiffel ala Radesa Wisata Rawa Pening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Kabupaten Semarang memang terkenal dengan sejumlah wisata kekinian yang instagramable. Sebut saja seperti Eling Bening, Dusun Semilir Ecopark, Taman Bunga Celosia, Bukit Cinta, Cimory On The Valley, Watu Gajah Park dan masih banyak lagi.

Selama masa pandemi Corona (Covid-19) industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak, banyak tempat wisata ditutup guna meminimalisir resiko penyebaran, praktis perekonomian para pelaku usaha dari bisnis pariwisata di wilayah Kabupaten Semarang juga terhenti. Sehingga dampak perekonomian bagi mereka yang mengandalkan hidup dari bisnis pariwisata ini pun sangat terasa.

Saat memasuki masa era adaptasi kebiasaan baru (new normal), industri pariwisata di Kabupaten Semarang mulai bangkit dan beradaptasi sesuai dengan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas operasionalnya.

Radesa Wisata Rawa Pening (Foto : dok. pribadi)
Salah satu obyek wisata terbaru yang ada di Kabupaten Semarang adalah Radesa Wisata Rawa Pening. Obyek wisata ini berada di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum rebranding menjadi Radesa Wisata Rawa Pening dulunya tempat ini bernama New Sabana Rawa Pening. Nama ini diambil karena surutnya air Rawa Pening akibat kemarau, sehingga memunculkan padang rumput hijau (sabana). Lokasi ini pun mendadak viral di media sosial tahun 2017 dan banyak dikunjungi.

Jalan menuju miniatur Menara Eiffel (Foto : dok. pribadi)
Untuk mencapai lokasi ini pun tidaklah sulit dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi. Adapun dari lokasi parkiran sepeda motor maupun mobil ini, pengunjung harus berjalan menyusuri jalan kampung dan jembatan bambu di lokasi rawa kurang lebih 200 meter.

Miniatur Menara Eiffel di Radesa Wisata Rawa Pening
Keunikan Radesa Wisata Rawa Pening yang baru soft launching pada 19 Juli kemarin, adalah miniatur Menara Eiffel yang menjulang tinggi di atas Rawa Pening. Sebuah miniatur Menara Eiffel yang terbuat dari bambu setinggi kurang lebih 38 meter dan lebar 12,5 meter yang mirip dengan aslinya terapung di perairan Rawa Pening.

Penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Foto : dok. pribadi)
Menara ini juga telah mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atas Prakarsa Rekor Mahakarya Miniatur Menara Eiffel diatas Rawa Terbesar dari bahan bambu. 

Meski belum dibuka secara resmi namun wisata ini sudah cukup ramai. Untuk memasuki Radesa Wisata Rawa Pening ini, para pengunjung diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan dulu. Untuk tiket masuk Radesa Wisata Rawa Pening cukup terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 10.000 per orang.

Disini kita bisa meniti jembatan bambu menuju ke miniatur Menara Eiffel, lalu kita bisa naik ke menara ini untuk menyaksikan panorama Rawa Pening yang menawan, dengan latar belakang barisan pegunungan seperti gunung Merbabu, gunung Telomoyo maupun gunung Ungaran. Pemandangan gunung-gunung yang seolah mengelilingi rawa ini jadi pesona tersendiri bagi siapapun yang datang ke sini.

Pengunjung naik bebek raksasa (Foto : dok. pribadi)
Selain itu, pengunjung dapat memilih wisata untuk dinikmati, mulai dari berfoto, naik perahu wisata keliling Rawa Pening dengan biaya sebesar Rp. 15.000 per orang, atau naik bebek raksasa dengan biaya sebesar Rp. 15.000 per orang, maupun wisata kuliner. Karena disini sudah ada warung makan yang menjual makanan dan minuman untuk disantap sambil menikmati suasana Rawa Pening.

Dan bagi pengunjung yang naik perahu wisata maupun bebek raksasa tidak perlu kuatir tenggelam, karena sudah dilengkapi dengan rompi pelampung agar lebih aman.

Buat kamu yang penasaran, segera kunjungi Radesa Wisata Rawa Pening. Namun, para pengunjung harus memperhatikan protokol kesehatan dan jam operasional yang berlaku saat ini yaitu jam bukanya 08.00-17.00 WIB. Untuk itu, jika berkunjung ke sini, jangan lupa memakai masker, menjaga jarak fisik, dan membawa hand sanitizer atau mencuci tangan menggunakan sabun.

Untuk menuju ke Radesa Wisata Rawa Pening ini, kamu bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta dibawah ini.

Kita berharap, wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia, segera berakhir dan pariwisata kembali normal seperti sedia kala.

“Keep Traveling and Stay Healthy”

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba BlogWisata Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru
Mengunjungi Menara Eiffel ala Radesa Wisata Rawa Pening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Mengunjungi Menara Eiffel ala Radesa Wisata Rawa Pening di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Reviewed by denbaguse on 14.40 Rating: 5

6 komentar:

  1. Seru banget tempatnya. Mumpung blm musim hujan coba kapan2 tak kesana juga
    hehehe

    Jika senggang silakan kunjung balik ke blog saya ya mas!

    BalasHapus
  2. Hahaa benerr mirip eifel cuma ini di tengah rawa yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rahmi Aziza : Iya mbak, miniatur menara Eiffel dai tengah rawa

      Hapus
  3. Lucu amat ya Rawa Pening Sekarang, mana pemandangannya memang indah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dewi Rieka : Iya mbak, sekarang wisata Rawa Pening tidak hanya naik perahu aja, tapi juga ada miniatur menara Eiffelnya.

      Hapus

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.