Menikmati Alaminya Curug Drimas Wonosobo

Seperti biasa, setiap bulan sekali saya punya agenda pergi ke Wonosobo untuk menengok anak. Setiap kali menengok anak, tidak afdol kalau tidak pergi jalan-jalan. Dan pada kesempatan ini, saya akan mengunjungi tempat wisata alam di Wonosobo yang belum pernah saya kunjungi yaitu Air terjun / Curug Drimas.
Air Terjun / Curug Drimas Wonosobo
Sesuai informasi yang saya dapatkan dari internet, Curug Drimas ini letaknya di Dusun Garungan, Desa Karangsari, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo. Tanpa basa basi lagi, dengan bantuan Google Maps saya berangkat bersama anak saya menuju Curug Drimas. Setelah sampai Alun-alun Sapuran, disini saya melihat ada petunjuk arah menuju ke Curug Drimas. Dengan mengikuti petunjuk arah, sekitar 5 km dari Alun-alun Sapuran, akhirnya saya sampai di Desa Karangsari.

Untuk menuju ke Curug Drimas yang ada di Dusun Garungan, saya harus masuk menyusuri jalan desa Karangsari. Kebetulan waktu itu jalan yang saya lalui ada jalan yang bagus, tapi ada pula jalan yang sudah rusak. Karena masih bingung dan minimnya petunjuk arah, saya harus bertanya sama warga sekitar tentang keberadaan Curug Drimas yang ada di Dusun Garungan.

Setelah sampai di Dusun Garungan, saya bertanya lagi sama warga sekitar jalan menuju Curug Drimas. Kata warga saya harus parkir motor di lapangan desa, setelah itu baru jalan kaki menuju ke Curug Drimas. Kebetulan untuk masuk ke air terjun / curug Drimas ini tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Untuk jalan menuju ke Curug Drimas ada dua jalur yaitu jalur lama yang medannya agak sulit, dan jalur baru yang masih baru dibuka, bahkan waktu itu para warga dusun masih gotong royong memperbaiki jalur tersebut, agar bisa menjadi akses pariwisata. Kata warga disarankan untuk melalui jalur yang baru, yang lebih mudah.
Jalur baru menuju air terjun / curug Drimas
Jalan yang baru diperbaiki
Melewati jembatan bambu
Melewati jalan lorong yang sempit
Petunjuk arah ke air terjun / curug Drimas
Jalur terakhir menuju air terjun / curug Drimas
Diperjalanan menuju ke Curug Drimas, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijaunya dedaunan dari berbagai jenis pohon. Kira-kira hampir 15 menit berjalan menuju lokasi, dari kejauhan sudah terdengar suara gemuruh air, itu menandakan kalau lokasi air terjun / curug sudah dekat.
Pemandangan di sekitar air terjun / curug Drimas
Suasana di area bawah air terjun / curug Drimas
Sesampai di tempat yang dituju kita akan disuguhi sebuah air terjun yang pemandangannya sangat eksotik dan masih alami. Memang menakjubkan pemandangan air terjun yang ada di dusun Garungan, dengan keindahan alam dan pepohonan yang masih lebat juga suasana alami hutan menjadikan perjalanan ini terbayar lunas kelelahan yang saya dapat dalam perjalanan tersebut.
Alaminya suasana air terjun / curug Drimas
Untuk lebih dekat dengan lokasi air terjun, kita harus menyebrangi sungai lewat bebatuan yang ada di sekitar sungai, lalu kita harus berjuang melewati jalan yang menanjak, karena lokasi air terjunnya ada di atas. Air terjun / curug Drimas ini memiliki ketinggian mencapai 60 m, dan derasnya air membentuk percikan kemana-mana seperti embun yang tanpa terasa bisa membuat badan basah kuyup oleh percikan air terjun ini.
Suasana di dekat air terjun / curug Drimas
Tanpa basa basi lagi saya langsung mengabadikan suasana air terjun / curug Drimas ini dengan berfoto ria. Disini saya tidak berani mandi, karena masih alami dan belum adanya fasitas toilet / ganti pakaian. Kebetulan waktu itu suasana di air terjun / curug Drimas masih sepi, pengunjungnya hanya berdua saya dengan anak saya, jadi bebas untuk berfoto ria.
Menikmati air terjun / curug Drimas
Setelah puas foto-foto dan menikmati alaminya air terjun / curug Drimas, saya bersama anak saya meranjak meninggalkan air terjun tersebut dengan membawa kenangan. Di tengah perjalanan pulang, saya baru berpapasan dengan pengunjung yang lain. Memang air terjun / curug Drimas ini masih sepi pengunjung, semoga dengan dibukanya jalur yang baru, akan meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung di air terjun / curug Drimas ini.
Menikmati Alaminya Curug Drimas Wonosobo Menikmati Alaminya Curug Drimas Wonosobo Reviewed by denbaguse on 19.08 Rating: 5

2 komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.