Perjalanan Wisata ke Bali #1

Kali ini saya akan membahas perjalanan wisata ke Bali dari tanggal 5 – 9 Juli 2016. Mengapa wisata? ya karena saya pergi dengan anak serta rombongan orang yang belum aku kenal. Kebetulan saya ikut tour umum wisata ke Bali yang diadakan oleh biro perjalanan wisata Jaya Tour Semarang. Kami berangkat dari Semarang sekitar jam 07.00 WIB dengan menggunakan 3 bus besar, dengan kapasitas 40 orang per bus.

Siang hari sekitar jam 12.00 WIB, kami makan siang di rumah makan Pangestune Tuban. Setelah makan siang, rombongan kami melanjutkan perjalanan. Sekitar jam 18.00 WIB, kami transit di rumah makan Rahayu Probolinggo untuk mandi dan makan malam.

Singkat cerita rombongan bus kami sudah sampai ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar jam 24.00 WIB. Rombongan pun masuk ke dalam kapal ferri untuk menyeberang menuju Pelabuhan Gili Manuk Bali. Perjalanan selama menyeberang ditempuh sekitar 1 jam. Setelah sampai, rombongan naik bus lagi dan melanjutkan perjalanan.

Sekitar jam 04.30 WIT, rombongan transit di rumah makan Soka Indah Bali untuk mandi dan sarapan pagi. Kebetulan lokasi restoran berdekatan dengan pantai. Habis sarapan, saya meluangkan waktu untuk foto-foto dulu sebentar, kemudian rombongan melanjutkan perjalanan menuju obyek wisata yang pertama yaitu Tanjung Benoa.

Pantai di dekat Restoran Soka Indah Bali
Dalam perjalanan menuju Tanjung Benoa, kami melewati jalan tol yang ada di laut. Tanjung Benoa memang terkenal dengan permainan airnya, seperti banana boat, jet sky, parasailing serta naik perahu motor ke Pulau Penyu. Dan saya sendiri memilih naik perahu motor ke Pulau Penyu, karena tarifnya yang paling murah, yaitu 50 ribu untuk orang dewasa dan 25 ribu untuk anak-anak.

Tanjung Benoa Bali
Perjalanan ke Pulau Penyu ini sangat berkesan, terutama buat anakku. Dari Tanjung Benoa tadi rombongan sekitar 10 orang naik perahu motor ke Pulau Penyu. Uniknya ditengah perjalanan kami berhenti untuk melihat keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan warna –warni. Semuanya itu kita melihatnya dari bawah perahu motor yang terbuat dari kaca bening sehingga kita bisa melihatnya tanpa perlu menyelam.

Suasana melihat ikan dari kaca bawah perahu motor
Tiba di Pulau Penyu, kami langsung disambut oleh penduduk lokal sebagai pemandunya, menemani melihat - lihat penyu yang ada disana. Ternyata penyu di sana banyak sekali dan dikelompokkan atau dipisahkan sendiri-sendiri berdasar besar kecilnya penyu, mulai dari bayi penyu, penyu kecil, penyu remaja sampai kepada induk penyu yang besar.

Foto bersama replika penyu

Foto bersama penyu hasil penangkaran
Pulau Penyu ini merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang mulai langka, agar tidak punah. Selain tempat penangkaran penyu, ada juga iguana, ular, kelelawar, buaya dan binatang lainnya yang ikut dipelihara. Puas berkeliling di Pulau Penyu, kami pulang naik perahu motor yang tadi kami naiki untuk kembali ke Tanjung Benoa.

Setelah dari Tanjung Benoa, perjalanan dilanjutkan ke obyek wisata yang kedua yaitu Pantai Pandawa. Pantai Pandawa ini salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.

Pantai Pandawa Bali
Di Pantai Pandawa kami hanya bermain pasir dan air di pinggir pantai, karena kondisi saat itu tepat jam 12 siang. Kami hanya diberi waktu sekitar 1 jam untuk dapat menikmati indahnya Pantai Pandawa. Setelah itu, kami naik bus lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju obyek wisata yang ketiga yaitu Pantai Kuta.

Dalam perjalanan ke Pantai Kuta, kami berhenti dulu di Hardisk Mall untuk makan siang. Selesai makan siang kita langsung menuju Krisna (Tempat Oleh-oleh) untuk ganti transportasi dengan mobil angkutan yang lebih kecil, dengan kapasitas per mobil 15 orang. Kenapa ganti angkutan? dikarenakan bus besar tidak boleh masuk di kawasan Pantai Kuta.

Sepanjang perjalanan dari Krisna menuju Pantai Kuta, kita banyak melewati cafe-cafe yang pengunjungnya para turis atau banyak bule. Sampai di Pantai Kuta kita mainan pasir dan air di pinggir pantai, sambil menunggu sunset. Setelah selesai dari pantai, kita naik mobil angkutan tadi yang sudah menunggu untuk kembali ke Krisna.

Pantai Kuta Bali
Sampai di Krisna, kita langsung dipersilahkan untuk makan malam dan belanja sepuasnya. Setelah puas belanja, rombongan langsung naik bus lagi untuk menuju hotel POP jalan Teuku Umar Bali, tempat kita menginap. Sampai di hotel kita langsung istirahat tidur, karena besoknya kita akan melanjutkan perjalanan ke obyek wisata berikutnya. Bersambung...
Perjalanan Wisata ke Bali #1 Perjalanan Wisata ke Bali #1 Reviewed by denbaguse on 22.00 Rating: 5