Menjelajahi Wisata Alam Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo Kendal

Perjalanan saya kali ini mau explore daerah Kendal, dan rencananya mau ke objek wisata alam Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo, yang terletak di Dukuh Watu Lawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
Bukit Selo Arjuno
Saya berangkat bersama teman dari Semarang dengan menggunakan motor sekitar jam 08.00 pagi. Singkat cerita, setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dengan melewati jalan desa yang rusak parah sejauh 1 km, kami berdua akhirnya sampai di tempat parkir wisata alam Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo.
Petunjuk arah ke Bukit Selo Arjuno dan Bligo
Sebelum trekking, kita wajib membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang dan biaya parkir Rp. 2.000/motor. Selanjutnya kita mulai menyusuri jalur trekking yang sudah dibuat oleh warga. Kita akan melewati perkebunan warga hingga sampai di persimpangan jalan, kita akan menjumpai plang petunjuk arah ke Gardu Pandang Bukit Untung. Langsung saja saya putuskan untuk ke Gardu Pandang Bukit Untung dulu sebelum ke Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo.
Jalur menuju ke Bukit Selo Arjuno dan Bligo
Petunjuk arah ke Gardu Pandang Bukit Untung
Spot foto di Gardu Pandang Bukit Untung
Salah satu spot foto di Gardu Pandang Bukit Untung
Latar belakang Bukit Selo Arjuno
Setelah puas berswafoto di Gardu Pandang Bukit Untung, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo. Tapi sebelum anda menaiki ke dua bukit ini, diharapkan anda untuk mematuhi peraturan yang ada, seperti Menjaga keamanan dan keselamatan, Berbicaralah yang baik, Dilarang mesum dan maksiat, Bagi wanita yang berhalangan dilarang mendaki Bukit Selo Arjuno, Dilarang membawa narkoba dan minuman keras.
Petunjuk arah dan peraturan mendaki Bukit Selo Arjuno
Lokasi pertama yang saya jumpai adalah Bukit Selo Arjuno, tapi setelah melihat jalur pendakian yang ekstrim, dengan menaiki anak tangga yang terbuat dari besi dengan sudut kemiringan 90 derajat. Baru menaiki beberapa anak tangga, kaki sudah terasa gemetar (mungkin faktor usia), dan demi keamanan saya putuskan untuk turun lagi. Hal inilah yang membuat nyali saya semakin ciut, karena belum ada alat pengaman. Untuk itu saya langsung menuju ke Bukit Bligo.

Sekedar info saja, puncak Bukit Selo Arjuno berupa batu-batu yang dipagari besi dengan aksesoris sebuah bendera merah putih. Tempat untuk kaki berpijak pun sempit, pagar besi sebelah timur pun hanya muat untuk 5 orang yang berbadan ramping. Jadi bila ingin berfoto, sebaiknya saling pengertian untuk bergantian bila kodisi ramai.

Bukit Bligo merupakan bukit yang lebih lebar, landai dan tidak esktrim seperti Bukit Selo Arjuno. Jalur yang dilalui berupa tanah berbatu dan sedikit menanjak. Di beberapa tanjakan sudah dibuat trap-trapan  dan dipasang tali panjang untuk berpegangan. Di atas bukit Bligo terdapat 2 batu gardu pandang dan gazebo untuk tempat istirahat.
Jalur pendakian menuju Bukit Bligo
Tali untuk alat bantu memanjat tebing batu
Gazebo untuk berteduh dan istirahat
Puncak batu pertama Bukit Bligo
Suasana di atas Bukit Bligo
Sampai disini saya langsung melepas lelah di gazebo sambil minum, karena perjalanan mendaki bukit ini butuh tenaga ekstra. Kebetulan waktu itu di atas bukit kondisinya masih sepi hanya kita berdua, jadi untuk mengabadikan foto masih bebas. Tapi harap berhati-hati, karena di sekeliling puncak batu ada banyak tawon yang sedang mencari serbuk sari.
Puncak batu kedua Bukit Bligo
Ketika saya berada di puncak batu yang paling tinggi, saya melihat kebawah dan melihat ada sebuah batu besar tanpa pagar pembatas, dan bendera yang menancap di batu tersebut. Spontan, saya langsung turun menuju batu tersebut.

Ternyata diatas batu ini suasananya berbeda, mungkin karena tidak ada pembatasnya, jadi kalau kita mau naik ke puncak batu ini harus berhati-hati. Bisa-bisa kalau tidak hati-hati akan terpeleset dan jatuh ke jurang. Saya sendiri waktu berada di atas batu ini, kaki terasa gemetar dan tubuh ini diterpa angin yang begitu kencang.
Salah satu batu yang ada di sekitar Bukit Bligo
Setelah puas menikmati suasana di puncak Bukit Bligo, kita bersiap untuk turun bukit dengan melalui jalur yang sama dengan yang kita lewati tadi. Sampai di tempat parkir, kita langsung bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Curug Sewu.

Menjelajahi Wisata Alam Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo Kendal Menjelajahi Wisata Alam Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo Kendal Reviewed by denbaguse on 19.00 Rating: 5