Sahur On The Road ala Backpacker Semarang

Hallo sobat Backpacker, seperti kita ketahui bulan Ramadan selalu identik dengan kegiatan-kegiatan positif bukan? Bahkan seluruh umat muslim di dunia berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah agar puasa selama sebulan penuh mendapat berkah.

Nah, sebagai bentuk memaknai bulan Ramadan, komunitas Backpacker Semarang mengadakan kegiatan berupa “Sahur on the Road”. Biasanya Sahur On The Road, diisi dengan kegiatan membagi-bagikan makanan kepada orang-orang kurang mampu dan musafir yang ada di jalanan untuk bersantap sahur. Tapi, kali ini komunitas Backpacker Semarang mengadakan Sahur On The Road dalam arti yang berbeda, yaitu dengan mengadakan trip ke Wisata Alam Posong dan Embung Kledung di daerah Temanggung sambil santap sahur bersama.
Sahur on the Road
Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 15 anggota Backpacker Semarang. Dan tujuan dari diadakannya Sahur On The Road ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi sesama anggota.

Tepat pada hari Minggu (03/06/2018) dini hari kegiatan Sahur On The Road ini dimulai. Berangkat pada pukul 01.00 WIB dari Pondok Kopi Lodji Karangjati (sebagai meet point) menuju Wisata Alam Posong Temanggung.

Dari Karangjati rombongan langsung meluncur menuju Ambarawa untuk menghapiri saya (karena rumah saya Ambarawa), setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Temanggung. Sampai di Pringsurat (POM Bensin) rombongan berhenti sejenak untuk mengisi bahan bakar. Setelah itu perjalanan dilanjutkan, dan sampai di Alun-alun Temanggung rombongan berhenti sejenak untuk istirahat sambil menunggu teman kita yang berasal dari Temanggung.

Setelah bertemu, perjalanan dilanjutkan menuju rumah makan Mbah Joyo untuk makan sahur bersama. Yah, inilah yang dinamakan Sahur on the Road ala Backpacker Semarang (sahur di tengah perjalanan nge-trip). Dengan dana yang berasal dari diri masing-masing, para peserta memesan makanan (sesuai selera masing-masing) dan menyantap makanan sahur bersama-sama.

Selesai makan sahur bersama, perjalanan dilanjutkan menuju Wisata Alam Posong. Sekitar pukul 04.00 WIB, rombongan kami sampai di loket pembayaran Wisata Alam Posong. Dan kebetulan juga gerbang masuk Wisata Alam Posong baru saja dibuka. Dengan membayar tiket masuk Rp. 10.000/orang (bonus gratis tiket parkir Rp. 2.000/motor), kami semua langsung menuju lokasi Wisata Posong yang jaraknya masih sekitar 3 kilometer dari pintu masuk.   
Wisata Alam Posong
Perjalanan sekitar 15 - 20 menit dengan melalui jalur yang terjal, berkontur batu dan sempit, akhirnya sampai juga kami di Wisata Alam Posong. Sambil menunggu sunrise nongol, kami semua berkumpul di sebuah warung yang belum dibuka untuk istirahat sembari ngobrol.

Baca juga : Menikmati Pesona Wisata Alam Posong Temanggung

Beberapa saat kemudian, tibalah sang surya mulai menampakan pesonanya dengan sedikit malu-malu. Saat itu juga kami bersiap-siap untuk menyambut sang surya dengan senjatanya masing-masing (handphone maupun kamera). Hehe...
Menyambut Sunrise

Backpacker Semarang
Backpacker Semarang in action
Singkat cerita, setelah puas menyambut sunrise, mengeksplore dan mendokumentasikan Wisata Alam Posong. Kami semua turun untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi yang ke dua yaitu Embung Kledung.
Foto bersama
Setelah sampai di Embung Kledung, sebelum masuk lokasi kami harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang dan tiket parkir Rp. 2.000/motor.
Embung Kledung
Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Embung ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.
View Gunung Sumbing
Setelah berfoto ria sambil menikmati keindahan dan kesejukan Embung Kledung, kami semua langsung pergi meninggalkan tempat ini dengan membawa kenangan. Ditengah perjalanan pulang kami mampir dulu di jembatan Sigandul di daerah Kledung untuk berfoto ria. Setelah itu kita semua melanjutkan perjalanan pulang ke rumah masing-masing.
Sahur On The Road ala Backpacker Semarang Sahur On The Road ala Backpacker Semarang Reviewed by denbaguse on 20.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.