Menikmati Malam di Alun-alun Kidul Yogyakarta

Kalau anda mengunjungi Yogyakarta dan bermalam disana, rasanya kurang afdol kalau anda belum menikmati malam di Alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta. Saat ini suasana di Alun-alun Kidul Yogyakarta sudah banyak berubah, tidak seperti waktu jaman saya kuliah dulu.

Dahulu suasana di Alun-alun Kidul sangat tenang, jadi cocok digunakan buat tempat penenang hati. Tapi sekarang ini suasana Alun-alun Kidul bertambah meriah karena adanya mobil onthel penuh lampu hias disana sini mulai menampakkan dirinya di malam hari.

Deretan mobil onthel hias yang ada di Alun-alun Kidul
Walaupun sudah banyak perubahan fungsi dari Alun-alun Kidul, setidaknya ada satu hal yang tidak berubah yaitu sebagai tempat untuk nongkrong sambil menyaksikan aktivitas Masangin yang dilakukan orang-orang di dalam Alun-alun Kidul.

Alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta (sumber)
Permainan Masangin sendiri, adalah permainan dimana kita berjalan dengan mata tertutup dan melewati tengah antara dua pohon beringin besar yang berada disana. Menurut mitos yang dipercaya turun temurun, bagi siapa saja yang berhasil melakukan Masangin maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonannya akan terkabul. Jadi jangan heran kalau melihat banyak orang dengan mata tertutup mencoba jalan dari pinggir alun-alun ke titik antara dua beringin ini.

Waktu itu saya tidak melakukan permainan Masangin, karena dulu saya sudah pernah mencobanya. Saya hanya menyewa mobil onthel hias dengan harga sewa Rp. 50 ribu untuk 6 orang penumpang. Saya bersama keluarga mengayuh ramai-ramai mengelilingi alun-alun sambil menikmati musik yang ada dalam mobil onthel hias tersebut. Pokoknya dijamin seru deh?

Naik mobil onthel hias bersama keluarga
Selain itu disekitar taman Alun-alun Kidul juga banyak penjual mainan anak-anak dan penjual makanan. Kalau perut terasa lapar, di sekeliling Alun-alun Kidul banyak terdapat lesehan dengan berbagai menu makanan, seperti bakmi godog / bakmi goreng, roti bakar, jagung bakar, wedang ronde maupun wedang bajigur.

Warung makan yang ada di sekitar Alun-alun Kidul (sumber)
Jadi, Alun-alun Kidul (Alkid) ini tempat yang wajib dikunjungi bagi para pengunjung yang bermalam di Yogyakarta sebelum kembali pulang ke daerah asalnya masing-masing.
Menikmati Malam di Alun-alun Kidul Yogyakarta Menikmati Malam di Alun-alun Kidul Yogyakarta Reviewed by Nandang Pitoyo on 22.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.